30 Oktober 2019 08:33:45
Ditulis oleh cokrowati

Sejarah Singkat Desa Cokrowati - Tambakboyo - Tuban

Sejarah Desa

Sejarah Desa Cokrowati tidak terlepas dari sejarah Kademangan Kemuncup di wilayah Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Sebelum menjadi Desa Cokrowati, dahulu wilayah ini masuk di Kademangan Kemuncup atau Muncup. Pusat kademangan berada di sebelah utara Dusun Muncup sekarang, dan berada di sisi timur Makam Keramat Jokodelik.

Kademangan Muncup dipimpin oleh seorang demang yang bernama Ki Kalam. Ada pula riwayat yang menyatakan bernama Kyai Kalam. Akan tetapi, sebutan kyai ini bukan berarti orang yang alim/mahir dalam bidang ilmu agama Islam, melainkan sebutan bagi orang yang ditokohkan. Maklum, pada zaman dahulu, setiap tokoh yang dituakan dipanggil dengan sebutan kyai. Hal ini berlaku pula bagi hewan maupun benda bertuah seperti Kebo Kyai Slamet ataupun Keris Kyai Pleret.

Menurut sebuah riwayat, perubahan nama dari Muncup menjadi Cokrowati, disebabkan karena seringnya terjadi pembunuhan di wilayah ini yang hampir terjadi setiap tahun. Salah seorang tokoh yang ikut andil dalam mengubah nama wilayah ini adalah Mbah Kajiman atau  yang lebih terkenal dengan panggilan Mbah Kaji Amin. Semenjak berubah nama menjadi Cokrowati, penduduk desa mengalami ketenangan karena sudah tidak ada lagi pembunuhan.

Setelah masa kademangan, berikut ini kepala desa yang pernah memimpin Desa Cokrowati:

  1. Sumoastro
  2. Pa’e Warinah
  3. Pa'e Galim
  4. Suban
  5. Kasdo Pa’e Kastum
  6. Moroguno
  7. Karjiman
  8. Soekengsi Bin Lekijo
  9. Zubaidi Bin Tarub Bin Kasdo
  10. Abdul Syukur Bin Muhsin
  11. Karjono Bin Sumirno
  12. Zubaidi Bin Tarub Bin Kasdo

 

Kademangan Muncup hingga saat ini masih meninggalkan bekas-bekas kademangan, antara lain:

  1. Sumber Air (Sumberan)

Sumberan ini berada di sisi timur Bukit Ndalem, yaitu bukit tempat berdirinya bangunan kademangan. Konon, sumberan ini adalah tempat yang digunakan untuk mandi, mencuci, dan memenuhi kebutuhan rumah tangga oleh keluarga demang.

  1. Tangga dari Pendopo Kademangan Menuju Sumberan

Di sekitar sumberan, saat ini masih ada jejak-jejak peninggalan berupa tangga yang mengarah ke atas bukit.

  1. Bukit Pertapaan (Tapa’an)

Bukit pertapaan ini terletak di Dusun Cokrowati, yaitu ke arah selatan sekitar 1 km dari kademangan.

  1. Akses Jalan Ke Arah Gunung Sredek

Menurut riwayat, konon dari kademangan menuju Gunung Sredek juga ada bangunan jalan seperti tangga. Akan tetapi saat ini sudah tertutup tanah dan ada yang rusak.

 

(trm)

 


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus