27 Mei 2019 21:18:58
Ditulis oleh cokrowati

Safari Ramadhan Muhammadiyah Di Cokrowati, Sekdes: Muhammadiyah dan NU Adalah Saudara

cokrowati-tambakboyo.desa.id (27/5). Hari ini, Senin, 27 Mei 2019, Dewan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Tambakboyo mengadakan acara Safari Ramadhan dan Muhammadiyah Peduli di Masjid Al-Mujahidin Dusun Pasatan Desa Cokrowati. Acara yang diikuti oleh pengurus dan warga Muhammadiyah se-Kecamatan Tambakboyo ini dihadiri oleh PengurusĀ Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban.

Selain safari Ramadhan, acara yang dimulai pukul 16.30 WIB tersebut juga ditambah acara 'Muhammadiyah Peduli,' yang dikemas dalam bentuk penyerahan bantuan paket sembako kepada warga tertentu. Dimintai keterangan pasca acara, Ketua Cabang Pemuda Muhammadiyah Tambakboyo, Ahmad Januri, mengatakan bahwa acara Safari Ramadhan tersebut adalah acara rutin tahunan yang tempatnya bergiliran. "Untuk tahun 2019 ini, kebetulan ditempatkan di Masjid Al-Mujahidin Cokrowati," ujar aktifis yang juga berprofesi sebagai pendidik itu.

Turmudzi, Sekretaris Desa Cokrowati yang menjabat sebagai pelaksana harian kepala desa mengatakan dalam sambutannya, bahwa Masjid Al-Mujahidin Dusun Pasatan Desa Cokrowati harus berkembang dan lebih hidup lagi. "Muhammadiyah dan NU itu sejak dulu sudah bagaikan saudara. Maka dari itu, apabila Muhammadiyah dan NU sama-sama berlomba memakmurkan masjid, maka yang berkembang adalah Islam, yang maju adalah umat Islam," tuturnya. Lebih lanjut dikatakan bahwa masih banyak para warga sekitar masjid dari kalangan orang tua yang belum mahir membaca Al-Qur'an. Sehingga desa sangat berharap seandainya masjid menambah kegiatan rutin di bidang baca tulis Al-Qur'an. "Secara pribadi dan atas nama desa, kami sangat berharap kegiatan masjid bisa ditambah agenda rutin baik mingguan atau bulanan. Apabila butuh tenaga di bidang baca Qur'an, saya secara pribadi siap. Islam harus berkembang pesat. Tidak hanya masjid Al-Hidayah Dusun Cokrowati saja yang berkembang, tapi Masjid Al-Mujahidin juga harus berkembang," lanjut pria berkaca mata itu.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban, Ustadz Nurul Yakin, dalam sambutannya juga menaruh harapan kepada warga Muhammadiyah dan umat Islam di Desa Cokrowati dan sekitarnya demi memajukan dan mengembangkan Agama Islam. "Masih banyak PR yang harus kita kerjakan. Ada pembangunan masjid, ada memakmurkan masjid, dan ada pula tanggung jawab sosial keagamaan kita pada warga sekitar. Semoga kita senantiasa mendapatkan rejeki yang barokah, untuk menopang dan merealisasikan tugas-tugas kita," katanya.

Sekadar informasi, bahwa di Desa Cokrowati terdapat dua masjid, yaitu Masjid Al-Hidayah yang terletak di Dusun Cokrowati dan Masjid Al-Mujahidin yang terletak di Dusun Pasatan. Masjid Al-Hidayah memiliki jama'ah yang mayoritas warga Nahdlatul Ulama' (NU), dan Masjid Al-Mujahidin memiliki jamaah mayoritas warga Muhammadiyah.

Setelah penyerahan bingkisan sembako kepada warga tertentu, kemudian acara dilanjutkan dengan berbuka bersama, lalu kemudian sholat Maghrib berjama'ah. (trm)


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus