05 Mei 2019 01:25:49
Ditulis oleh cokrowati

Sosialisasi Pilkades, Info Carik: Bayar Pajak di Balai Desa Berhadiah Kambing

Cokrowati-tambakboyo.desa.id (5/5). Jumat malam kemarin, atau biasa disebut Jumat Malam Sabtu, 3 Mei 2019 diadakan sosialisasi terkait Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Acara yang diadakan oleh Panitia Pilkades dan ditempatkan di Balai Desa Cokrowati itu menghadirkan 20 Ketua RT, 5 Ketua RW, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan tamu undangan lainnya. Menurut sekretaris panitia Pilkades, acara ini dilaksanakan dengan harapan agar masyarakat memahami aturan-aturan pilkades yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Aturan sekarang, semua DPT dibagi menjadi tiga blok, yaitu blok I, blok II, dan blok III,” tutur Sakur, sekretaris panitia Pilkades Cokrowati.

Acara sosialisasi dimulai pukul 20.00 WIB, dengan diawali sambutan ketua panitia, dilanjutkan sambutan dari pemerintah desa, dan kemudian penyampaian materi sosialisasi. Sebelum penyampaian materi sosialisasi secara lengkap, terlebih dulu diberikan pengantar oleh salah satu narasumber, bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades Desa Cokrowati tahun 2019 ini sebanyak 2.593 jiwa. “DPT Pilkades adalah DPT pemilu kemarin ditambah warga yang sudah mencapai umur 17 tahun dan atau sudah tinggal selama batas minimal di Desa Cokrowati,” ujar Bisrul Ronji selaku narasumber.

Sakur, sekretaris panitia Pilkades yang juga narasumber menjelaskan lebih lanjut bahwa dari semua DPT yang ada, nantinya akan terbagi menjadi 3 blok, yaitu Blok I, Blok II, dan Blok III. Pemilih yang terdaftar dalam suatu blok, harus memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan disesuaikan dengan masing-masing blok. “Blok I mencoblos di TPS I, Blok II mencoblos di TPS II, dan Blok III mencoblos di TPS III. Dan ketiga TPS ini sama-sama ditempatkan di balai desa,” jelas guru SDN Klutuk, Tambakboyo ini.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes/Carik) Cokrowati, Turmudzi, dalam sambutannya menyelipkan informasi bahwa pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Desa Cokrowati tahun 2019 ini ada dua pilihan, yaitu dibayar di balai desa atau dibayarkan pada perangkat desa yang bertugas memungut PBB keliling. Apabila dibayarkan di balai desa, maka Wajib Pajak akan mendapatkan kupon yang akan diundi pada Malam Tirakatan, dan hadiahnya berupa 1 ekor kambing, 1 unit sepeda jengki, 1 unit TV LED, dan hadiah menarik lainnya. Adapun apabila dibayarkan pada petugas penarik PBB, maka Wajib Pajak tidak berhak mendapatkan kupon undian yang berarti tidak berkesempatan mendapatkan hadiah. “Sistem seperti ini hanya ada dua desa di Tambakboyo, yaitu Cokrowati dan Belikanget. Apabila panjenengan membayar pajak di balaidesa, maka berhak mendapatkan kupon undian. Membayar di Bulan Mei akan mendapatkan 7 kupon per-SPPT, Bulan Juni 4 kupon per-SPPT, dan Bulan Juli 1 kupon per-SPPT. Apabila membayar di rumah, maka tidak mendapatkan kupon. Dan SPPT baru akan diserahkan setelah pembayaran lunas. Jumlah nominal pajak juga tidak dinaikkan meskipun membayar di balai desa dan ada hadiahnya. Tagihan 10.000 ya tetap 10.000,” tutur pria yang pernah mengajar di MA Ash-Shomadiyah Makamagung Tuban itu. 

Acara sosialisasi ini berakhir setelah tuntas dalam penyampaian materi secara lengkap dan dilanjut dengan tanya jawab. (trm)


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus