28 Maret 2019 19:57:39
Ditulis oleh cokrowati

Sah. 88 Petugas KPPS Cokrowati Resmi Dilantik Kemarin

(cokrowati-tambakboyo.desa.id 28/3)
Pemilihan Umum (pemilu) tahun 2019 tinggal menghitung hari. Tepatnya tanggal 17 April 2019, perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini dilaksanakan serentak di semua wilayah Indonesia, termasuk Desa Cokrowati, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban.
Secara geografis Desa Cokrowati termasuk desa yang luas, karena wilayahnya terbentang dari utara yang berbatasan dengan Desa Pulogede, Kecamatan Tambakboyo hingga ke selatan yang berbatasan dengan desa di wilayah Kecamatan Kerek. Secara administratif, Desa Cokrowati juga termasuk desa yang besar, karena mencakup lima dusun dengan hak pilih sekitar 2.500 jiwa. DariĀ  wilayah yang relatif luas ini, dalam pemilu 2019 besuk terdapat 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di lima dusun di wilayah Desa Cokrowati.
Dari 11 TPS yang ada, dibutuhkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 88 orang yang proses perekrutannya sudah selesai dilaksanakan beberapa waktu lalu, dan kemarin (27/3) telah dilakukan pelantikan. Pelantikan yang ditempatkan di Balai Desa Cokrowati tersebut dimulai pukul 15.45 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB.
Prosesi pelantikan petugas KPPS ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian disusul pembacaan Keputusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Cokrowati atas nama KPU Tuban, dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah Ketua KPPS. Setelah itu, baru sambutan-sambutan antara lain oleh Ketua PPS, perwakilan Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Sekretaris Desa Cokrowati.
Salah seorang anggota KPPS, Sutiyarso, 23, mengaku bersemangat dalam tugas penyelenggaraan pemilu ini. "Saya sangat bersemangat, Pak. Ini baru kali pertama. Dan siap menjalankan tugas," kata pria pemilik counter HP ini ketika dimintai keterangan oleh cokrowati-tambakboyo.desa.id setelah acara usai.
Pelantikan petugas KPPS ini berakhir setelah sebelumnya dilakukan "kumpul-kumpul" antar sesama petugas TPS. "Ya biar kenal antar anggota tim TPS. Karena bisa saja dalam satu TPS itu antara petugas yang satu dengan lainnya belum akrab. Jadi, tadi hanya bersifat mempererat saja," kata ketua Sekretariat Desa Cokrowati, Wajianto. (trm)


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus