05 Maret 2019 13:05:17
Ditulis oleh cokrowati

PELATIHAN SIAK ONLINE DI COKROWATI, INTERNET LANCAR DAN NGACIR

 cokrowati-tambakboyo.desa.id

Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) se-Kecamatan Tambakboyo, Tuban mengadakan pelatihan SIAK Online di Desa Cokrowati, Tambakboyo, Tuban pada hari ini, Selasa, 5 Maret 2019. Pelatihan yang diikuti oleh seluruh Operator SIAK sebanyak 18 desa se-Kecamatan Tambakboyo ini menghadirkan petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Tuban selaku narasumber dan pembimbing.

Koordinator Pelatihan SIAK Online, Tikno, menjelaskan bahwa pelatihan online ini diselenggarakan di Desa Cokrowati karena Desa Cokrowati adalah satu-satunya desa di Kabupaten Tuban yang memiliki bandwith internet dari ICON PLUS sebesar Up To 20 Mbps. “Internet Icon Plus di Desa Cokrowati 20 Mbps, sehingga pelatihan harus diadakan di Cokrowati,” tutur Sekretaris Desa Dasin ini ketika dimintai keterangan cokrowati-tambakboyo.desa.id.

Sekretaris Desa Cokrowati, Turmudzi, ketika dikonfirmasi membenarkan kecepatan Up To 20 Mbps ini. Pria berkaca mata ini menerangkan bahwa Desa Cokrowati berkomitmen mengawal Tuban agar semua desa di Tuban tersaluri internet sehingga Cokrowati ngotot untuk dijadikan tempat ujicoba internet oleh PT. Indonesia Comnet Plus (ICON PLUS). “Internet Cokrowati sudah disebar ke empat titik, dan warga bebas mengakses,” tutur alumni SMA Muallimin Tuban ini. “Sejak Desember 2018, internet Cokrowati sudah Up To 20 Mbps, dan khusus hari ini, untuk membackup pelatihan online ini PT. Icon Plus mengupgrade menjadi Up To 30 Mbps,” imbuhnya.

Pihak Icon Plus Surabaya, Amilin, menjelaskan bahwa Icon Plus terus memantau internet di Cokrowati saat berlangsungnya pelatihan ini. “Pemberitahuannya mendadak sih, Pak. Gupuh, saya. Seandainya kami tahu sudah seminggu yang lalu, mungkin akan kami upayakan lebih baik lagi untuk pelatihan ini. Saya saat ini sedang di Gresik, tapi tetap saya upayakan untuk memantau. Dan mohon untuk dibantu memantau dan melaporkan bila terjadi down,” tutur wanita asal Sidoarjo yang bertugas di bagian pengaduan ini. “Saat ini hanya bisa membantu dengan mengupgrade menjadi Up To 30 Mbps, Pak,” imbuhnya.

Pelatihan SIAK Online yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB tersebut diawali dengan instalasi Aplikasi SIAK, kemudian dilanjutkan dengan praktek. Pelatihan ini dibimbing oleh dua orang, yaitu Hengki Ardianto dan Ananada Wantono yang menjadi Admin Data Base (ADB) di Dukcapil Tuban. “Cukup lancar, Pak. Internetnya mampu,” kata Ananda saat menanggapi pertanyaan terkait kemampuan internet. (trmdz)


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus