TUAN RASIDI MEMBANTU 64 WARGA

 

CokroPos (28/9)

Pemerintah kembali mengadakan program penanggulangan kemiskinan, yaitu Bantuan Beras Bersubsidi (Tuan Rasidi) Program Percepatan dan Perluasan Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2018. Program yang khusus untuk mengentaskan kemiskinan ini, untuk Kecamatan Tambakboyo disebar ke 16 desa dari total 18 desa yang ada. Dan di antara desa yang mendapatkan program tersebut adalah Desa Cokrowati yang mendapatkan jatah 64 orang.

Beras Tuan Rasidi ini sudah dikemas rapi, dengan setiap penerima mendapatkan satu kantong plastik sebesar 10 kg. Biaya tebus untuk perkilogramnya adalah senilai Rp. 1.600,- sehingga jumlah total setiap penerima adalah Rp. 16.000/kantong. Tuan Rasidi ini dibagi pada hari ini, Jumat, 28 September 2018 di Kantor Desa Cokrowati, dengan setiap penerima harus membawa fotocopy KTP dan KK serta uang tebus sebesar Rp. 16.000,-.

Sekedar untuk diketahui, bahwa daftar penerima Tuan Rasidi ini sudah ditentukan dari Dinas Sosial Kabupaten Tuban, sehingga Pemerintah Desa Cokrowati hanya tinggal memanggil nama-nama yang terdaftar. Dari daftar yang ada, untuk Dusun Muncup mendapat jatah 11 orang, Dusun Cokrowati sebanyak 22 orang, Dusun Pasatan sebanyak 12 orang, Dusun Nunggul ada 4 orang, dan Dusun Galboro ada 15 orang.

Sekretaris Desa Cokrowati, Turmudzi, ketika dimintai keterangan terkait jumlah penerima yang hanya 64 orang menjelaskan bahwa semua menjadi otoritas Dinas Sosial dan Kementerian Sosial. “Warga yang miskin mungkin lebih dari 64 orang. Tapi beras yang dialokasikan untuk Desa Cokrowati hanya untuk 64 orang. Sehingga, penentuan nama-nama dari 64 orang ini bukan didasarkan pada kehendak perangkat desa atau kehendak warga, tapi sudah disortir oleh sistem di Dinas Sosial dan Kementerian Sosial,” tutur pria 40 tahun ini. “Sehingga, warga yang tidak mendapat jatah tidak bisa menuntut pemerintah untuk diberi bantuan, tapi warga yang mendapat jatahlah yang harus bersyukur karena lolos sortir oleh sistem,” imbuhnya. (trm)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)