Akhirnya Damarwulan Menutup PHBN Cokrowati

CokroPos (23/9)

Pembagian hadiah kepada peserta yang memenangi lomba dalam rangka Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Desa Cokrowati, Kecamatan Tambakboyo dilaksanakan malam tadi, selepas Maghrib, 22 September 2018. Peserta yang terdiri dari anak-anak usia Kelompok Belajar (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah dasar (SD), dan remaja serta dewasa yang dalam perlombaan beberapa waktu lalu meraih juara I dan II, dipanggil ke atas panggung ketoprak oleh panitia PHBN untuk menerima hadiah. Sebelum dipanggil, Kepala Desa Cokrowati, Karjono memberikan sambutan yang isinya berterima kasih kepada masyarakat yang bahu membahu dalam menyukseskan acara, sekaligus memohon maaf atas kekurangan dan kesalahan.

Setelah pembagian hadiah usai, dilanjutkan dengan acara hiburan live musik oleh crew Ketoprak Satrio Budoyo. Live music yang dimulai pukul 19.30 WIB tersebut berhasil memukau penonton yang membanjiri lapangan Desa Cokrowati. Dengan tertib dan khidmat, para penonton yang mayoritas terdiri dari kaum hawa beserta putra putrinya tersebut menikmati suguhan musik dangdut hingga acara usai pukul 21.30 WIB.

Setelah live musik berakhir, dilanjutkan dengan hiburan ketoprak session kedua, yang menampilkan lakon Damarwulan Dadi Ratu. Lakon ini yang digemari banyak warga, karena dinilai ramai dan apik. Salah seorang warga yang juga panitia PHBN, Saeri, mengatakan bahwa dirinya senang dengan lakon Damarwulan. “Lakon yang apik itu Damarwulan, sehingga penonton pasti ramai dan betah,” tuturnya kepada Modin Nadiran yang dikutip oleh CokroPos. Hal senada juga diungkapkan oleh Mudayat, anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bertugas memberikan bantuan keamanan di lokasi. “Lakon damarwulan ini pasti apik. Titeni, penonton mesti betah nonton,” ujarnya kepada Sekretaris Desa Cokrowati, Turmudzi.

Ketoprak Satrio Budoyo yang dipimpin oleh Supriyanto dari Desa Ketodan, Kecamatan Jatirogo berakhir seiring dengan tuntasnya lakon Damarwulan Dadi Ratu pada Minggu, 23 September 2018 pukul 03.10 WIB dinihari. Berakhirnya ketoprak  ini sekaligus mengakhiri kegiatan PHBN Desa Cokrowati, yang berarti pula bahwa kegiatan PHBN Desa Cokrowati telah tuntas dan sukses. Wakil Ketua PHBN, Masngut ketika dimintai keterangan terkait penyelenggaraan ketoprak ini mengaku gembira karena berjalan sukses. “Alhamdulillah, sukses, lancar, dan tertib, meskipun ada sedikit hal-hal yang kurang sempurna,” kata Masngut yang mewakili Ketua PHBN, Darun Naim yang sedang mengikuti diklat di Tuban selama sepuluh hari ini. (trm)

 

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)