Kebo Marcuet Pungkasi PHBN Cokrowati

CokroPos (22/9)

Acara Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Desa Cokrowati yang dimulai sejak tanggal 4 Agustus 2018, dipungkasi pada hari ini dengan menyuguhkan pagelaran hiburan Ketoprak Satrio Budoyo dari Jatirogo. Pagelaran ketoprak yang rutin diselenggarakan di Desa Cokrowati dalam acara PHBN kali ini juga masih ditempatkan di lapangan desa, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Sontak, pedagang minuman, mainan, dan makanan pun berdatangan. Dengan berjejer mengitari lapangan, mereka mengais rejeki sembari menikmati hiburan.

Ketoprak yang memiliki crew dan pemain 70 orang ini berhasil menyedot perhatian warga Desa Cokrowati. Pasalnya, beberapa saat setelah pagelaran dimulai, group musik ketoprak langsung mulai menggoyang penonton dengan alunan musik-musik dangdut. Dengan menari dan bernyanyi secara bersamaan, sepuluh anggota penyanyi tampil memukau dengan menyuguhkan lagu-lagu yang sedang hit di kalangan remaja.

Panitia PHBN yang sebelumnya beraktifitas, baik mempersilahkan tamu undangan ataupun mempersiapkan hidangan, seketika terfokus ke panggung dan menikmati tarian indah. Petugas lampu, Chaerozi, ketika didekati CokroPos juga terlihat asyik menikmati lagu dari kejauhan. “Di sini dulu, Yi, lihat penyanyi,” kata warga Dusun Muncup ini.

Di samping panggung, Kepala Desa Desa Cokrowati terlihat duduk berjejer dengan Bhabinkamtibmas dari Posek Tambakboyo, Babinsa dari Koramil Tambakboyo, serta beberapa panitia PHBN. Ditemui di sela-sela alunan musik, wakil ketua panitia PHBN, Masngut, menyatakan bahwa dia bersyukur karena terop yang disediakan bisa melindungi penonton dari terik matahari. “Untung teropnya tidak kurang,” kata pria yang juga Kadus Galboro ini.

Ketoprak yang akhir-akhir ini mengisi hiburan di beberapa desa di wilayah Kecamatan Tambakboyo ini menyuguhkan lakon Kebo Marcuet. Dengan meraung-raung menirukan suara kerbau, sekaligus memanggil warga untuk segera berkumpul. Dan terbukti, setelah mendengar raungan kerbau tersebut, warga seketika berbondong-bondong ke lapangan untuk menyaksikan jalannya ketoprak.

Sekedar untuk diketahui, bahwa setelah Maghrib, sebelum acara ketoprak dilanjutkan, akan diisi dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba. “Nanti malam setelah maghrib, dimohon para pemenang lomba untuk hadir di panggung ketoprak, guna menerima hadiah dari panitia PHBN,” kata Nadiran, seksi humasy PHBN Cokrowati tahun 2018. (trm)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)