Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

DATA WARGA COKROWATI SELALU ADA BIN ATAU BINTI, BEGINI ALASANNYA

03 Maret 2022 15:43:49  Cokrowati Smart Village  69 Kali Dibaca  Berita Desa

Selalu Memberi Identitas Bin/Binti, Begini Alasan Cokrowati

 

BeritaCokrowati (3/3)

Dari 83.381 desa yang ada di Indonesia, mungkin Desa Cokrowati Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban adalah salah satu desa yang selalu memberi tambahan bin atau binti dalam penyebutan nama warganya. Terlebih apabila terkait dengan undangan Bantuan Sosial (Bansos) seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), dan lain-lain.

Hal ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan penelusuran BeritaCokrowati, bahwa selama ini undangan bansos yang tanpa menyebutkan bin atau binti, sangat berpotensi salah alamat, karena di Desa Cokrowati banyak warga yang memiliki nama kembar. Bahkan terkadang ada 7 nama kembar. Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Cokrowati, Turmudzi, bahwa tanpa penyebutan bin atau binti, maka pembaca selalu terhipnotis menuju nama yang berstatus lebih miskin, janda, duda, atau kekurangan lainnya. “Sering salah alamat dan tertukar. Dikira yang lebih miskin, ternyata bukan,” ujar pria berkaca mata itu.

Sekadar informasi, bahwa bansos seperti BST, BPNT, PKH, dan lain-lain, datanya selalu di-drop dari atas. Nama-nama Kelompok Penerima Manfaat (KPM) adalah kebijakan dan keputusan dari atas, berdasarkan sortir secara sistem. Di samping itu, terkadang Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dicantumkan kurang valid, seperti berakhiran angka 0. Terkadang juga alamat dusun atau RT-nya juga tidak ada atau salah. Sehingga, dugaan yang pertama kali muncul di benak perangkat desa adalah apabila ada nama warga, sering dikira adalah warga yang lebih miskin atau kurang mampu.

Menurut warga yang tidak mau disebutkan namanya, bahwa dia kapok untuk berharap bansos, karena pernah antre lama dan hampir jatuh akibat berdesakan, tetapi ketika sudah mendapat panggilan ternyata bukan dirinya, melainkan orang lain yang bernama sama. Dia kecewa. Ketika dikonfirmasi, Sekdes Cokrowati membenarkan kejadian tersebut. “Iya, memang dulu belum saya cek, tapi langsung saya edarkan. Ternyata fatal. Kami memohon maaf karena itu,” ujarnya.

Menurut Kasi Kesra Desa Cokrowati, Nadiran, bahwa dalam penyaluran BPNT atau Dana Bantuan Program Sembako pada 27 Februari kemarin ada empat nama yang salah alamat. “Sudah hadir, antre lama, ketika sudah mendapat giliran ternyata salah orang. Akhirnya kembali dan ganti orang,” ujar pria kelahiran 1968 itu. Dan memang, ketika mengedarkan undangan dalam jumlah banyak, biasanya setiap tujuan tanpa diperiksa NIK-nya, tapi langsung diberi undangan. “Undangannya mepet, jumlahnya banyak. Kalau setiap memberi undangan harus cek KTP satu-satu dulu ya tidak segera selesai. Untungnya, yang salah alamat ini tercatat sebagai KPM BLT-DD, jadi akan segera mendapatkan obatnya,” tambahnya.

Bermula dari kejadian-kejadian di atas, Sekdes Cokrowati berinisaiatif memberi tambahan bin dan binti dalam setiap penyebutan undangan atau data warga, agar pendeteksiannya itu lebih mudah dan spontan. Dan sudah berjalan dua tahun, dalam setiap undangan BLT-DD selalu menambah identitas bin atau binti. “Kalau undangan dari desa seperti BLT-DD kami sudah selalu pakai bin dan binti. Tapi kalau undangan dari dinas dalam jumlah banyak dan waktunya mepet, biasanya ya tidak kami olah dulu, tapi langsung kami disposisi ke Kasi Kesra untuk disebar secepatnya,” ujarnya. “Kepada warga yang pernah mengalami salah alamat, mengalami kecewa karena sudah capek antre tapi tidak mendapat bantuan, ya kami mohon maaf atas kejadian itu,” pungkasnya.

Ditemui secara terpisah, warga yang mengalami salah alamat mengungkapkan, bahwa kalau perangkat itu jeli, mestinya diperiksa dulu, agar tidak mengecewakan warga. “Seandainya diteliti dulu, diperiksa, dan di-cek satu satu, ini untuk siapa, itu untuk siapa, tentu tidak sampai mengecewakan saya. Sudah capek, antre, hampir jatuh, malah gagal mendapat bantuan. Dan semoga rejeki saya ada di bansos lain,” katanya. (trm)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 395 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 333 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 333 Kali
Visi dan Misi
26 Agustus 2016 | 326 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 301 Kali
RPJM Desa
07 November 2014 | 292 Kali
Tupoksi
30 April 2014 | 290 Kali
RKP Desa
27 Februari 2022 | 84 Kali
DI COKROWATI TERTIB DAN LANCAR, PEMBAGIAN DANA BANTUAN PROGRAM SEMBAKO TAHUN 2022
13 Maret 2022 | 64 Kali
CARIK TV, CAMAT TAMBAKBOYO MENINJAU SUNGAI KALITEMPUR
24 Agustus 2016 | 333 Kali
Pemerintah Desa
22 April 2014 | 117 Kali
Pengaduan
30 April 2014 | 182 Kali
Peta Desa
20 April 2014 | 164 Kali
Wisata Desa
29 Juli 2013 | 154 Kali
Profil Desa

Agenda

Sinergi Program

Tuban Satu Data
Pengaduan Layanan Publik
Tuban Satu Data
JDIH Kabupaten Tuban
Indeks Desa Membangun

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Desa Tuban No. 10 Tuban
Desa : Cokrowati
Kecamatan : Tambakboyo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:135
    Kemarin:81
    Total Pengunjung:37.721
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.133.27
    Browser:Tidak ditemukan